• (0751) 480135

  • sma7pdg@yahoo.com

  • Jl. Bunga Tanjung, Koto Tangah, Prov. Sumatera Barat

Kembali Lahirkan Inovasi, Japanese Club SMAN 7 Padang Luncurkan Majalah Dua Bahasa

Bagikan ke teman mu !

Majalah sekolah merupakan salah satu kebutuhan penting bagi ruang lingkup sekolah. banyak manfaat yang didapatkan dari penerbitan majalah sekolah. Majalah sekolah bisa dijadikan sebagai wadah kreatifitas siswa dalam keterampilan bahasa indonesia. seperti menulis artikel, berita, cerpen dan masih banyak lainnya. Namun bukan hanya bermanfaat bagi siswa, sekolahpun bisa mendapatkan manfaat dari majalah sekolah ini. pihak sekolah dapat melakukan publikasi ataupun promosi kepada pihak luar. Majalah sekolah biasanya digunakan untuk siswa untuk melakukan penyaluran bakat dalam bidang penulisan. beberapa siswa memiliki keterampilan menulis namun terkendala dengan belum tersedianya media penulisan. memang diera teknologi siswa dapat mengunakan media blog di internet, namun membutuhkan waktu yang lama untuk masyarakat mengenal blog tersebut.  Namun dengan adanya majalah sekolah bisa menjadi sarana untuk menampung siswa dalam belajar menulis. sehingga potensi mereka bisa terus diasah melalui sarana majalah.

SMAN 7 Padang memiliki Tim Kreatif yang dinamakan Tim JC-MINJU, Tim JC-MINJU merupakan anggotan Japanese Club dibawah bimbingan Guru Bahasa jepang SMAN 7 Padang, Sense Melya Kiki Wirianingsih, S.Hum. TIM ini telah berhasil menertbitkan majalah dua bahasa ( bahasa Indonesia dan bahasa  Jepang dengan judul “Futago No Zashi”, dimana edisi ini adalah edisi pertama di tahun 2022. Adapun Tim JC-MINJU ini terdiri dari Dedi Muhammad Ramdhani XII. IPS 1 ( Ketua Tim), Ramdhan Halim XII. IPS 3 ( Ketua Research Information),  Masitah Adhwa Hazima Trades  XII. IPA 7 ( Editing ), Hasya Rahmi Desmita Agus XII. IPA 1 ( Editing), Harke Medika XII. IPA 4 ( Editing) , Seluruh Anggota Japanese Club SMAN 7 PADANG ( Anggota Research Information). Dalam majalah ini dapat  dilihat bahwa terdapat perbandingan-perbandingan mengenai hal-hal yang terdapat di Jepang dan di Indonesia. Salah satu contohnya ada Istana Kaisar di Jepang, sedangkan di Indonesia ada Istana Negara. Jadi ini sangat bermanfaat sekali untuk membuka wawasan, bagi generasi muda siswa dan siswi SMA se-Sumatera Barat, yang nantinya saling memahami kebudayaan.  Banyak pengalaman yang bisa kita ambil dari Jepang, seperti kedisiplinan, ketelitian, saling mengormati, serta yang paling penting masyarakat Jepang cinta kebersihan. Sehingga nilai-nilai positif dari Jepang dapat kita ambil dan terapkan di sekolah, bukan hanya budaya fisik, tetapi juga budaya mental.

Pada kesempatan ini Kepala Sekolah SMAN 7 Padang, Dra. Enny Sasmita, M.Pd sangat mengapresiasi  istimewa untuk siswa dan guru pembimbing , karna kegiatan ini merupakan perwujudan dari beberapa elemen profil pelajar Pancasila yaitu Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, dan Kreatif. Dan juga Tim JC-MINJU bersama Pembimbing dan Kepala Sekolah telah berkesempatan untuk bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Barlius, M.M , dalam kesempatan ini beliau menyambut baik kehadiran majalah dua bahasa ini di lingkungan SMAN 7 Padang secara khusus dan di Sumatera Barat secara umumnya karna dengan adanya inovasi dari siswa-siswi SMA Negeri 7 PADANG di bawah bimbingan dan arahan kepala sekolah yang melahirkan sebuah majalah, yang sebelumnya belum pernah dibuat orang. Berupa majalah dua bahasa Indonesia dan Jepang sehingga  tumbuhnya harapan harapan baru . Semoga terus dikembangkan kreatifitas dan inovasi ini  sehingga wawasan kita tentang dunia luar semakin berkembang dan tentunya Literasi Sekolah kembali bersinar.

Terimakasih siswa-siswi SMAN 7 PADANG telah menciptakan majalah dua kebudayaan Indonesia dan Jepang “Futago No Zasshi”, semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.