(0751) 480135
Lokakarya menyongsong TP. 2024 – 2025 SMA Negeri 7 Padang resmi berakhir hari Rabu, 29 Mei 2024. Acara dimulai dengan sambutan Kepala SMA Negeri 7 Padang
Kemudian dilanjutkan dengan pemateri oleh bapak Berry Devandra,S.Pd,M.Ed ( Kepala SMA Negeri 8 Padang dan Duta Teknologi ) dengan materi Numerasi Literasi. Ia menegaskan bahwa guru harus melihat siswa sebagai tantangan, sebuah berkah, dan kesempatan untuk pertumbuhan dan peningkatan kualitas pribadi. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyarankan agar penyesuaian program literasi dan numerasi harus berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa. Karena itu untuk memastikan pembelajaran yang efektif. Kemampuan literasi dan numerasi peserta didik menjadi capaian komponen Standar Kompetensi Lulusan. Melalui Kurikulum Merdeka, pencapaiannya tersebut dipantau melalui Asesmen Nasional. Hasilnya dilaporkan kepada sekolah dan pemerintah daerah melalui platform Rapor Pendidikan. Tahapan tersebut merupakan bahan refleksi untuk perbaikan pendidikan berkelanjutan bagi tiap daerah.
Literasi dan numerasi lintas pelajaran dimaksudkan untuk mengintegrasikan aspek literasi dan numerasi dalam semua mata pelajaran, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dan berpikir yang berkelanjutan di semua aspek pembelajaran. Adapun literasi dan numerasi berbasis proyek di sekolah adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan keterampilan literasi dan numerasi dengan proyek nyata yang melibatkan siswa secara aktif.
Dalam implementasi kurikulum merdeka, kecakapan literasi dan numerasi merupakan jantung asesmen peserta didik. Dengan catatan, guru dapat memahami karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Sehingga, guru dapat menyusun rancangan pembelajaran literasi dan numerasi sesuai dengan pengelompokan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuannya.
Dalam kesempatan itu, ia mengajak guru untuk menggunakan strategi dalam menghadapi AKM dengan meningkatkan kecakapan literasi siswa melalui pengembangan strategi berbasis teks, memanfaatkan sumber belajar yang beragam, dan memastikan adanya pembelajaran yang efektif melalui diskusi dan refleksi