Tembus 1000 Exemplar “FreeDom” JC-KOMIJU Japanese Clubs SMAN 7 Padang Rilis Edisi ke 2

 

Lubuk Buaya, 24 Januari 2019.  Japanese Clubs adalah sebuah kegiatan ekskul yang berhubungan dengan sesuatu yang berbau Jepang. Japanese Club di SMAN 7 Padang dibimbing oleh guru bahasa Jepang, Melya Kiki Wirianingsing,S.Hum Sensei. Ekskul ini dibuka untuk siapa saja yang tertarik untuk mengenal Jepang lebih banyak, sharing tentang Jepang terutama anime ,huruf hiragana dan katakana,Furosiki ( seni membungkus), meningkatkan kemampuan bahasa Jepang,hangout dengan teman yang satu interest (band), membuat origami (seni melipat kertas ), ikebana (seni merangkai bunga) dan membuat Yukata ( Baju tradisional Jepang)

 

3 November 2018 Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat Bapak Drs.Burhasman,M.M  telah meresmikan peluncuran komik JC-KOMIJU Edisi ke 2 secara simbolis pada acara SMANJU Heroes 3. Dalam kesempatan ini Bapak Kadis memberikan apresiasinya kepada Japanese Clubs SMAN 7 Padang, agar lebih meningkatkan lagi prestasinya. Beliau juga berharap agar kedepannya Japanese Clubs di SMAN 7 Padang bisa mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ke Negara Jepang. Karna selama se tahun belakangan ini SMAN 7 Padang telah bekerjasama dengan Japanesse Foundation dalam pertukaran tenaga pengajar. Pada tanggal  5 s/d 21 Novemver 2018 Melya Kiki Wirianingsih,S.Hum Sensei  mengikuti pelatihan guru bahasa jepang dari program Nihon-Go Partner. Dan saat yang sama  19 September 2017 s/d 18 Maret 2018 Asisten pengajar  Yamamoto Miyu Sensei dari Jepang juga melakukan kegiatan pertukaran pengajar di SMAN 7 Padang. Pada tanggal 21 September 2018 s/d  20 Maret 2019 SMAN 7 Padang kedatangan lagi assisten pengajar dari Jepang, Sakyo Sayaka Sensei. 

JC-Komicu Japanese Clubs SMAN 7 Padang telah berhasil meluncurkan 2 buah komik, yaitu Edisi Pertama bertjudul ” Tolong Dengar Aku “, dan Edisi ke dua berjudul ” FreeDom ” dimana komik tersebut adalah hasil cipta kara siswa Japanese Clubs yang dibimbing oleh Melya Kiki Wirianingsih S.Hum Sensei dan dibina oleh Kepala Sekolah SMAN 7 Padang, Dra.Enny Sasmita,M.Pd. Kepsek SMAN 7 Padang sangat mendukung kegiatan Japanese Clubs menghasilkan komik dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Jepang. Dimana penasehat komik ini adalah Sakyo Sayaka, penulis Utama adalah Sandi Akbar, Editor Faiz Andersyah Moslem & Fadli Hamdi, Translator & Penyunting Fatimah Azzahra. FreeDom ini sudah tercetak 1000 Exemplar pada bulan Januari 2018 dan diberikan kepada seluruh siswa dan guru di SMAN 7 Padang secara cuma cuma. Ini dimaksudkan agar menjadi motivasi kepada semua warga sekolah untuk juga mengukir prestasi di segala bidang.

Mencapai 1000 exemplar komik bukanlah akhir dari usaha JC-KOMICU Japanese Clubs SMAN 7 Padang. Kepala Sekolah mengungkapkan akan terus mendorong agar terbitnya komik-komik pendidikan yang terbaru dan bermutu oleh  siswa siswi SMAN 7 Padang. “Kami tidak berhenti sampai di sini, melainkan akan terus berkarya agar anak-anak SMAN 7 dapat semakin menghasilkan karya karya yang bermutu dan bermanfaat bagi masa depan mereka, bukan saja hanya dari bidang study bahasa Jepang namun dari seluruh bidang study yang ada.Semoga Japanese Clubs SMAN 7 Padang semakin maju lagi dan menghasilkan banyak prestasi, di dalam maupun di luar negeri. ( by.ria angrianie)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *